Breaking News

Arab Saudi dan Yordania Kembali Kirim Bantuan Makanan Lewat Udara ke Gaza



ANABERITA.COM, Arab Saudi dan Yordania kembali menjatuhkan bantuan makanan siap santap sebanyak 30 ton dengan parasut untuk rakyat Palestina di wilayah Jalur  Gaza, kata organisasi kemanusiaan Arab Saudi KSrelief hari Ahad (7/6/2024).

Dalam pernyataan yang dirilis lewat kantor berita SPA, KSrelief mengatakan pengiriman bantuan makanan lewat udara itu dilakukan bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan Jordanian Hashemite Charity Organization dan Angkatan Bersenjata Kerajaan Yordania.

Makanan yang dijatuhkan lewat udara dapat langsung dikonsumsi tanpa perlu dipanaskan, kata Dr. Abdullah bin Abdulaziz Al-Rabeeah, direktur umum KSrelief, dalam pernyataan tersebut.

Dia mengatakan kampanye KSrelief untuk Palestina sejauh ini sudah mengumpulkan donasi lebih dari $184 juta. Arab Saudi juga mengoperasikan jembatan udara yang terdiri dari 54 pesawat dan jembatan laut yang terdiri dari delapan kapal yang saat ini masih beroperasi.

KSrelief dan organisasi-organisasi bantuan lainnya terpaksa mengirimkan bantuan pangan ke  Gaza dengan parasut karena jalur darat dihalangi dan pintu-pintu perbatasan ditutup oleh pasukan Zionis Israel.

Al-Rabeeah menyerukan pembukaan pintu perlintasan perbatasan, mengingat pengiriman melalui udara bukanlah cara efektif untuk jangka panjang mengingat tingginya jumlah orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan, serta bayak jenis barang lain yang dibutuhkan oleh penduduk  Gaza yang tidak mungkin dijatuhkan dengan parasut.

Militer Amerika Serikat juga membangun pelabuhan laut sementara di Gaza untuk pengiriman bantuan kemanusiaan, tetapi dermaga sementara itu tidak stabil karena kerap terjadi badai di lautan.

0 Komentar

Type and hit Enter to search

Close